Thursday, September 24, 2009

Tradisi Lebaran di Kuwait

Malam Lebaran.
Ramadan telah berakhir. Ucapan-ucapan lebaran bergeming sehari sebelum eid. Eid Mubarak kul‘am wa antum bikhoir. Kullu sanah toyyib, Iedkum Mubarak. Kullu ‘Aam wa Antum bikhoir. Selamat Iedul Fitri. Semoga setiap tahun anda diberikan kebaikan
Seperti biasanya seluruh masyarakat masih menunggu keputusan dari pemerintah dalampenentuan 1 Syawal. Kalau di Indonesia biasanya disambut dengan suara takbir menggema di setiap mesjid dan mus halla serta pawai takbiran keliling kota hal tersebut tidak ada di Kuwait, yang ada hanya macet dimana-mana. Kapan waktu lebaran di Kuwait ditentukan oleh pemerintah jam 8 malam.. Semua orang akan turut serta bagaimana pemerintah menentukan hari lebaran. Suasana malam takbiran sepi tak ada bedanya antara hari biasa dan hari lebaran. takbiran hanya akan terdengar di pagi hari sebelum solat id.


Shalat Ied

Seperti halnya di Indonesia shalat Ied diadakan di lapangan terbuka untuk bisa menampung banyak masyarakat dan dimulai pukul 06.00 pagi. Untuk masyarakat arab mereka mengadakan shalat ied dilapangan terbuka atau mesjid-mesjid besar. Sedangkan bagi sebagian masyarakat Indonesia mengadakan shalat Ied di Gedung KBRI Kuwait di daerah Keifan yang dimulai pada pukul 07.00. Shalat di KBRI dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat, berbagai profesi dan umum.


Seusai sholat dan ceramah, jamaah sibuk berpelukan, bermaaf-maafan, dan mengucap doa. Tradisi yang indah yang terlihat. Keseharian intensitas komunikasi tak jarang menerbitkan kekhilafan-kekhilafan yang perlu di luruskan.

Open House dan silaturahmi

Open House Kedutaan

Marathon Open House dari rumah kerumah,


Berlebaran dengan organisasi-organisasi yang ada di Kuwait seperti PERWIRA, IATMI, PMIJ, dan yang lainnya.



kebiasaan org arab
tuk org arab biasanya mereka pada berkunjung2 sesama wong arab gitu, gak ada makanan pokok kek tradisi kita yg bikin ketupat, lontong dan pernak perniknya, banyakan mereka nyuguhin manisan2 khas arab yg super duper manis dan jg coklat serta minumannya, jd sebelum mengunjungi mereka jangan biarkan perut kita kosong.. tapi mungkin di sebagian lain ada juga yg nyuguhin makanan 'berat aka pokok' kek briyani gitu. temenku bilang mereka kalo makan pada di luar, jadi pas mo lebaran istri di kasih libur urusan pedapuran.. pokoknya pada senang2 semua gak ada yg sampai kecapean bikin ini itu..




Comments :

0 comments to “Tradisi Lebaran di Kuwait”

Post a Comment

Waktu dan Cuaca Kuwait

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by PERWIRA KUWAIT, Admin By Asep Pahrudin