Sunday, December 16, 2007

Telah meninggal dunia bpk.Mustainudin

Tanggal 15 Desember 2007 jam 10.30pm,aku n mas zul, seperti biasa sebelum tidur ngobrol kesana kemari tentang apa aja,tiba-tiba kami dikagetkan oleh suara hp berbunyi "kring-kring", kami kaget kok malam-malam ada yang telepon, klo malam gini pasti urgent dech, mas zul lht hpnya cuma nmr yang gak dikenal lalu dia angkat, terdengar "Ini sama mas Zulkifli ya? Aku pak Yanto (baca: Rombongan Pak Bram) bisa kesini ga? Ada teman kami yang lagi sesak kayaknya parah, please lihat". Zul bilang" Ok, aku lihat, bentar aku datang". Aku sempat termenung sejenak, sudah ribuan pasien di adan yang kami rawat semacam kasus begini apalagi kasus sesak di Kuwait menempati salah satu rate tertinggi, kalo ga Bronchial Astma pasti paru-paru atau lebih parahnya penyakit jantung deh ini orang. Kami siapin obat sebatas emergency kayak Hidrokortison ampules, syringe dan needle dan beberapa obat. Zul siap-siap berangkat, aku bilang "Zul aku ga bisa ikut nih, besok aku dns pagi, klo emang orang tersebut butuh ke adan coba hubungi akhi yusuf tuk antarin. Lalu zul pergi, sementara aku sikat gigi siap-siap tidur, akhi wasis datang pulang dinas. Tumben zul dah tidur, aku bilang dia lihat orang yang sakit barusan aja dia keluar. Dalam setengah jam aku n wasis lelap tidur, dua-duanya rest siap kumpulin kekuatan buat tempur besok di adan.

5.30am, kami bangun dan dikejutkan oleh zul yang menghampiri kami, orang yang malam tadi aku lihat telah meninggal dunia di al-adan hospital 11.30pm. Kami tersentak kaget" Inna lillahi wa inna ilaihi rooji'un", terus gimana ceritanya mas zul:

Ketika aku nyampe ketempat mereka, dia dalam keadaan sesak berat, yang aku observasi dia bukan karena astma tapi jantung. Ya, aku support dia supaya tetap tegar dan aku hubungi mas yusuf buat antarin dia ke adan.Aku pikir kalo aku hubungi ambulance department 777, takutnya lambat, tau khan disini orangnya kalo yang ngontak non pribumi kerja mereka asal-asalan. Dengan bantuan beberapa teman dari mereka, akhirnya ampe ke mobil yusuf yang dah nunggu didepan asrama mereka walaupun susah payah kami bopong bapak itu lewat tangga karena liftnya rusak, dari lantai empat.

Ditemani 3 orang dari mereka, mobil melaju menuju adan. Selama perjalanan aku raba terus nadi dia, baru ampe Restaurant Shrimps 5 menit dari tempat asrama mereka nadi dia melemah lalu kami membimbing dia supaya ingat terus sama Alloh SWT dan ampe Sultan Center nadi dia dah ga teraba. Sesampainya di UGD Al-Adan at 11pm, pake trolley kami langsung bergegas bawa dia ke bagian Emergency Room (ruang yang biasa tiap hari aku bercengkrama dengan pasien-pasien kritis, bayangin aja 20-30 pasien kritis masuk ke ER, kalo sebulan?). Dr.Michael dan teman2 se-profesiku langsung ngeluarin jurus masing-masing, ada yang CPR, ada yang nyiapin infusan, obat-obatan darurat ampe monitor,DC shock dan lain-lain, dalam waktu 30 menit team berupaya menyelamatkan dia, akhirnya dokter Michael menyatakan bahwa dia meninggal dunia under medico legal.

Aku keluar dari ER dan memberitahu rombongan,"Kami dah berusaha semaksimal mungkin dan Alloh telah men takdirkan dia, Bapak itu telah wafat" Mas yusuf dan teman2 terharu dan mengucapkan "Inna lillahi wa inna ilaihi rooji'un".

Lalu segera kutelpon pak BRAM tentang keadaan pak Mustainuddin. Lalu informasi ke pihak kedutaan Pak Kuswantoro. Selang beberapa waktu, pimpinan dari perusahaan mereka Petroleum Coke Industrial Company (PCIC) kebetulan orang Korea Mr.Lee datang sambil membawa Passport dan orang dari HRD (Human Resource Department) yang berkewarganegaraan Pakistan.Mereka segera menuju kantor polisi rumah sakit Adan lalu ke kantor polisi Abu Halifa dan ke kantor Polisi Ahmadi, sedangkan Fridi (supervisor) menemani jenasah ke Farwaniya Hospital.

Jenasah dikafani oleh team ER, dan dibawa oleh pihak Forensik Medical Farwaniya at 1.30am.


"Semoga Aloh SWT menerima amal ibadah dia dan diampuni dosanya, serta semoga keluarga yang ditinggalkan tetap dalam kesabaran. Amin"

Biodata Almarhum:
MUSTAINUDDIN AFFANDI
lahir 12 Agustus 1951
Wafat 15 Desember 2007
Alamat Indo: Pondok Cilegon Indah Blok C9 no.11 Cilegon Banten

Comments :

4 comments to “Telah meninggal dunia bpk.Mustainudin”

Anonymous said...
on 

"Semoga almarhum Mustainuddin diampuni dosa dan diterima amal ibadahnya oleh Alloh SWT. Amin"

KeuARGA yang ditinggalkannya diberi ketabahan dan kesabaran. Amin.

Anonymous said...
on 

sama-sama kita do'ain. Amin.

Anonymous said...
on 

Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiuun. Semoga Almarhum menjadi ahli surga dan semoga keluarga yang ditinggalkan tetap tabah amin

Anonymous said...
on 

Assalamualaikum Wr.Wb

Bersama ini kami atas nama team Indonesia PCIC project mengucapkan terima kasih atas segala bantuan, dukungan moril dan materiil serta doa yang telah rekan-rekan perwira-kuwait sampaikan pada kami atas meninggalnya rekan kami



Saat ini kami masih dalam proses mempersiapkan segala dokumen dan prosedur berkenaan dengan rencana pemulangan almarhum untuk dikebumikan di Indonesia

Terima Kasih, semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dan membalas budi baik rekan-rekan perwira kuwait

Hormat kami

Elang Bramantyo Wibowo (BRAM)
Telp 7662337

Post a Comment

Waktu dan Cuaca Kuwait

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by PERWIRA KUWAIT, Admin By Asep Pahrudin