Wednesday, May 28, 2008

Selamat Jalan Sahabatku


Selasa 27 Mei 2008 beberapa rekan Perawat termasuk ketua INNA-K berangkat ke airport Kuwait. Mereka dengan rasa haru bersama-sama melepas kepulangan brother Marzuki, Perawat angkatan 2001 asal Banda Aceh. Marzuki mengambil langkah emergency resign dari Kuwait, sehubungan dengan sakit kronis yang dideritanya sehingga tidak dapat meneruskan pekerjaannya sebagai Perawat di Kuwait.


Marzuk (panggilan akrab Marzuki-red) dikenal sebagai sosok Perawat yang sederhana, murah senyum dan khas dengan logat Acehnya. Pada tahun 2006, Marzuk terdiagnosa Brain Tumor oleh specialis neurology. Kemudian berhasil diangkat melalui operasi, pada tahap lanjutan setelah dilakukan pemeriksaan pathology baru diketahui bahwa Marzuk menderita Small Cell Carsinoma.


Umumnya jenis carsinoma ini merupakan Metastasis dari cancer yang bersarang diparu, untuk itulah dilakukan CT-scan chest. Ternyata diketahui bahwa carsinoma bersumber dari paru-parunya {Small cell lung cancer (SCLC)}. Setelah dilakukan konsultasi dengan Chest Surgeon dan Oncologis, diputuskan untuk dilakukan chemotherapy saja (tidak perlu dilakukan operasi).

Beberapa bulan menjalani chemotherapy, kondisi beliau cukup menggembirakan sampai akhirnya beliau dapat pulang cuti menemui keluarga yang dicintainya. Namun ketabahan Marzuk masih terus di uji, saat cuti beliau mengalami kelelahan yang kemudian menemui orang yang dikenal ahli pijat. Karena sakit yang dirasakan semakin parah, maka diperiksakan kerumah sakit dan diketahui adanya fracture tulang paha.

Setelah berdiskusi dengan keluarga, Marzuk memutuskan untuk kembali ke Kuwait walau dengan keadaan demikian. Setiba di Kuwait beliau di admited di Al-Razi Hospital, Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan maka tidak segera dilakukan operasi dan harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Bebebrapa minggu kemudian barulah operasi dilaksanakan dengan sukses.

Masalah fracture berhasil tertangani, Namun perkembangan carsinomanya yang semakin memburuk mengharuskan beliau lebih banyak beristirahat. Karena itulah Marzuk mengambil keputusan untuk resign.

Kami selaku pengurus INNA-K mendoakan semoga Marzuk lebih mendapatkan kesabaran, ketabahan dan cepat mendapat kesembuhan. Kami segenap pengurus INNA-K menghimbau kepada rekan-rekan Perawat Indonesia menyisihkan sebagian rezkinya untuk meringankan beban yang dialami sahabat kita Marzuki. Bagi yang ingin berpartisipasi, silakan menghubungi koordinator region masing-masing.


Sumber: inna-k.org

Comments :

0 comments to “Selamat Jalan Sahabatku”

Post a Comment

Waktu dan Cuaca Kuwait

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by PERWIRA KUWAIT, Admin By Asep Pahrudin