Wednesday, January 30, 2008

Pulang Pergi ketempat Kerja 200 km???

Siapa yang ga kenal dengan pak ustadz ini, wajah yang semua orang pasti kenal bagi kalangan masyarakat Indonesia yang berada di Kuwait, apalagi bagi kalangan warga perwira. 2 tahun lebih sudah keluarga pak Johan bermukim di negeri arab ini, begitu banyak perbedaan yag dirasakan selama ini bila dibandingkan dengan pengalaman-pengalamannya ditempat kerja sebelumnya seperti di lokasi tengah hutan belantara lapangan minyak Minas - Riau, PT Caltex Pacific Indonesia, China Selatan (Laut Natuna), di tengah hutan pulau Seram (Maluku Tenggara) dimana saat itu masih dalam keadaan perang antar agama (Islam vs Kristen). Disini adanya rasa kedamaian dengan keluarga juga jalinan persahabatan atau kekeluargaan yang tinggi diantara sesama warga kita sehingga satu sama lain kenal papar pak Johan ketika diajak ngobrol dengan pak Asep (red; abu_umar).

Pak Johan menginjakkan kaki di Kuwait ini tepatnya Juli 2005 dan selang beberapa bulan istri dan anaknya ikut bergabung diri, kebetulan juga tinggal di Mangaf dekat hostel perawat Indonesia yang bekerja di al-Adan Hospital. Bekerja di KHAFJI (lihat webnya www.kjo.com.sa) dilokasi di perbatasan Kuwait – Saudi Arabia dengan tempat tinggalnya di ahmadi region yang sangat jauh jaraknya, tidak membuat pantang menyerah "Capek juga sih tiap hari kerja harus menempuh perjalanan 100 km sekali berangkat (pulang pergi jadi 200 km). Berangkat dari rumah jam 05:40 pagi, tiba kembali di rumah jam 16:30. Aturan2 masuk perbatasan sama saja dng yg menggunakan paspor, bedanya paspor saya tidak di stempel masuk/keluar karena saya punya kartu khusus. Awal/akhir minggu perbatasan cukup ramai karena banyak orang yg ingin bepergian selama week end, juga jika ada libur panjang, maka antrian mobil di perbatasan cukup panjang.



Berikut Profile pak Johan dan family


-Nama Lengkap – Arwansyah Johan
-Nama panggilan - Johan
-Tempat tanggal lahir – Jakarta, 9 Desember 1962. Sejak lahir dan dibesarkan di Jakarta.
-Alamat di Indonesia – Pondok Gede, Jakarta
-Alamat di Kuwait - Mangaf
-Alamat Email – ajohan912@yahoo.com
-Tinggi Badan dan Berat Badan – 162 cm dan 70 kg
-Hobi – Membaca, jogging, renang, sejarah dan hal2 yang berhubungan dng islam.

Gambaran keluarga:
-Nama istri dan usia, termasuk rutinitas istri sehari-hari. – Luvika Fitriyani (40 tahun), ibu rumah tangga.
-nama anak dan usia termasuk aktifitas anak-anak sehari-hari diluar rumah (sekolah, etc) atau didalam rumah
Pedro Gelora Illahi (18 tahun), Gaby Sukma Illahi (15 tahun), Muhammad Rizqi Illahi (8 tahun). Aktifitas sekolah di FES (Pedro & Gaby) dan Pakistan School (M. Rizqi), sisanya di rumah saja (membaca, computer, nonton TV)
-Fhoto keluarga - terlampir


-Waktu Luang anda setelah kerja
Waktu luang setelah kerja: untuk keluarga di rumah (mengajar pelajaran anak2 dan membaca), mengantar istri/anak ke luar rumah (belanja, antar jemput anak2 ke sekolah hanya tiap hari kamis dll), pengajian mingguan sambil mengisi pengajaran menterjemahan ayat2 Al-quran ayat per ayat di rumah mas Cuk Suryanto), olah raga mingguan.

Desripsi Kerja:-Nama tempat kerja – Al-Khafji Joint Operations, Al-Khafji, Saudi Arabia
-Jabatan – Senior Petroleum Engineer
-Kapan joint dikuwait – Juli 2005
-Pengalaman kerja sebelum di Kuwait – berbagai perusahaan minyak di Indonesia
-Pendidikan terakhir dan tahun lulusan – Teknik Perminyakan ITB, lulus Mart 1988 dan MM IPWI tahun 1996.
-Pendidikan non formal yang didapat yang menunjang karier sekarang – kursus2 profesional
-Pengalaman kerja dari indonesia ke beberapa mancanegara dan akhirnya mendarat di tanah miyak Kuwait
-termasuk pengalaman yang berkesan/.menarik atau pengalaman pahit yang tak terlupakan. – – Pertama kali sejak tamat dari ITB kerja di lokasi tengah hutan belantara lapangan minyak Minas - Riau, PT Caltex Pacific Indonesia selama hampir 2 tahun. Selama periode ini menikah dan mendapatkan anak pertama. Juga pengalaman ketika membor dan menyelesaikan sumur2 minyak di tengah laut China Selatan (Laut Natuna), di tengah hutan pulau Seram (Maluku Tenggara) dimana saat itu masih dalam keadaan perang antar agama (Islam vs Kristen)

Pengalaman pahit: 2 tahun menjalankan perusahaan sendiri dan gagal, rugi ratusan juta rupiah.




Fasilitas yang didapat selama ini bekerja di KHAFJI??
.- fasilitas pendidikan bagi anak pegawai – Tidak ada, saya membayar 100% beaya pendidikan anak2 (5,000 KD per tahun)
-fasilitas bagi keluarga pegawai (anak dan istri) – Apartment dan tiket pesawat tiap tahun.
-. fasilitas kesehatan, - Asuransi Kesehatan
-fasilitas transportasi – diberi mobil Honda civic
-fasilitas hiburan tmsk cuti juga – tiket pesawat untuk cuti setahun sekali.
-termasuk tinggal di dalam negara kuwait yang sebenarnya khafji tmsk wilayah Saudi (betul ga?) tolong jelaskan. – Saya diberi kartu khusus untuk melintas perbatasan Kuwait – Arab Saudi kapan saja saya mau, jadi paspor saya tidak perlu di cap. Saya mempunyai Civil ID dan Resident (Iqama) baik untuk Kuwait dan Arab Saudi.

Tanya :Bagaimana tanggapan bapak tentang banyaknya permintaan buat ngisi acara keagamaan baik di perwira or di KBRI or Perkibar?
Jawab : Sangat baik karena ini akan membuat warga Indonesia, terutama anak2 dan generasi muda, tahu akan nilai2 dan tradisi islam, belajar berorganisasi/bermasyarakat, disamping mempererat jalinan silaturahmi antar masyarakat Indonesia. Tapi frekwensi dan jadwalnya perlu dibatasi agar tidak mengganggu waktu belajar dan sekolah anak2, kan kewajiban utama anak2 justru belajar dan sekolah. Jadi prioritas tetap pada sekolah anak2.

Tanya : Kesan Pesan buat TPA?
Jawab : Sangat bagus dan positif, inilah kesempatan anak2 untuk belajar mengaji, shalat, doa2dan nilai2 islamiah lainnya dng bahasa ibu mereka sendiri, guru2 yg orang Indonesia, saling bertemu sambil bermain dng teman2nya orang Indonesia. Seminggu sekali saya fikir sudah ideal. Anak2 mungkin bosan dan capek juga di sekolah menggunakan bahasa Inggris. Itu sebabnya saya melihat minat dan semangat anak2 dan orang tuanya tidak pernah surut untuk hadir dlm TPA.

Tanya : Kesan Pesan buat FC MU
Jawab : Sangat bagus dan positif, karena selain menyalurkan hobi bermain bola, menyehatkan badan juga ajang silaturahmi dan mempererat persahabatan sesama warga.


Tanya : Kesan pesan buat blog Perwira www.perwira-kuwait.blogspot.com
Jawab : Ini blog yang sangat bagus dan bermanfaat, juga dikelola dng cukup profesional. Saya kira, ini satu2nya blog masyarakat Indonesia untuk berbagai macam kalangan dan profesi. Kadang2 bisa melepas kerinduan dan mendapat informasi yg bermanfaat dari blog ini.


Terima Kasih atas waktu luang pak Johan, semoga kita tetap diberikan kesehatan lahir dan bathin. Amin.

Comments :

0 comments to “Pulang Pergi ketempat Kerja 200 km???”

Post a Comment

Waktu dan Cuaca Kuwait

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by PERWIRA KUWAIT, Admin By Asep Pahrudin