Wednesday, January 30, 2008

Mengenal al-Khafji Kuwait- Arab Saudi

Khafji adalah sebuah kota kecil yg berlokasi diperbatasan Arab Saudi dan Kuwait.
Kota Khafji berada dilokasi di selatan bagian dari ex-Neutral Zone dan dari timur utara jauh ujung Kerajaan Saudi Arabia, 300 km Teluk Arab. Dari Dammam Ke Utara City di dalam Provinsi timur Arab Saudi dan 130 km Selatan Kuwait kota. (About Khafji www.kjo.com.sa)
Bagi orang2 Saudi, Khafji adalah daerah terpencil sehingga mereka jarang ada yg mau untuk tinggal di Khafji kalau tidak terpaksa. Khafji termasuk dalam wilayah netral (neutral zone) antara Kuwait dan Arab Saudi sehingga kedua pemerintahan membuat kesepakatan bahwa semua hasil tambang di dalam wilayah neutral zone ini harus dibagi dua 50%-50%.

Ada dua perusahaan minyak yg berada di dalam wilayah neutral zone ini, untuk wilayah offshore (laut) dibentuk Al-Khafji Joint Operations (KJO) yang bermarkas di kota Al-Khafji. Untuk wilayah onshore (darat) dibentuk Wafra Joint Operation (WJO) dimana saham pihak Saudi disubkontrakkan ke pihak Chevron.

Produksi minyak KJO adalah 325.000 barrel oil tiap hari (sekarang harga minyak USD 90tiap barrel), sangat kecil dibandingkan produksi total Arab Saudi yang lebih sedikit dari 10 juta barrel tiap harinya atau Kuwait yg sekitar 2,5 juta barrel tiap hari.

Comments :

0 comments to “Mengenal al-Khafji Kuwait- Arab Saudi”

Post a Comment

Waktu dan Cuaca Kuwait

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by PERWIRA KUWAIT, Admin By Asep Pahrudin