Wednesday, May 16, 2007

Agus Hermawan

"Sejarah nama Team Adan menjadi Team MU "
Agus Hermawan (panggilan akrabnya --Agus Ewo--,red:) lahir di Soreang Bandung, Jawa Barat pada 13 September 1969 adalah salah satu pemain bola MU (Mangaf United), dia berposisi sebagai sayap kanan luar, meskipun tidak terlalu tinggi sedang sedang aja dia bisa dibilang kompeten dalam membantu teman teman mencetak gol. Saat kompetisi tahun 2005 sempat dia mencetak gol membawa kemenangan MU. Pria ini menginjakan kakinya ke Kuwait Januari 1997 dan bekerja disalah satu kilang minyak besar di EQUATE. Ada yang unik dari sosok dia ini, disela-sela waktu luangnya bersama keluarga dan BMW nya itu dia biasa menyempatkan diri ke pasar jumat cari barang-barang mewah.

Kang Agus yang bertempat tinggal di Mangaf Kuwait ini pernah menjabat sebagai Manager MU periode 2005-2006 menggantikan Budi Suprapto dengan kepemimpinan dia ini MU meraih gelar juara Liga Perkibar, kita dengar yuk suara dia dari hasil wawancara redaksi berikut ini:



Bapak pernah menjabat Manager MU tahun 2005-2006, Pelajaran apa yang anda bisa petik selama menjalani kepemimpinan itu?
Menjadi manager tidaklah mudah seperti perkiraan orang,banyak hal yg akan muncul diluar dugaan,baik berupa hal tentang team itu sendiri maupun masalah tentang pemain.dulu dimasa team masih bernama Adan FC, team ini mengalami krisis pemain…sampai beberapa kali diwaktu pertandingan banyak pemain yg sudah keluar tapi terus main kembali.tapi sekarang setelah M~U menjadi team yg sangat besar,dengan seabreg pemain cadangan,justeru seabreg juga permasalahan.jadi seorang manager itu tdk akan lepas dari tantangan untuk mengatasi permasalahan dlm team itu sendiri.

Apa ada kesan tersendiri dengan meraihnya MU sbg Juara Liga Perkibar 2006 dibawah pimpinan bapak?
Kesan saya saat itu,meskipun diawal mau bergulirnya kompetisi,team M~U hampir tidak mau ikut bertanding,dgn alasan jarang latihan,ga ada pemain.bahkan pengumpulan uang pendaftaran juga belum ada...dll…..tapi berkat ide mas Jaka untuk mengumpulkan uang pendaftaran dari orang Petro sebanyak 25KD, semangat untuk bertanding muncul kembali.dan yg bikin salut..atas kekompakan dan semangat yg tinggi,M~U meraih puncak prestasi dgn menjuarai kompetisi thn itu.perlu dicatat,disaat itu team M~U jarang sekali mengadakan Meeting atau latihan …..tapi dgn mengandalkan kekompakan dan semangat dilapangan,team kita jadi team yg sangat tangguh.

Bagaimana dengan kostum MU apa tiap tahun harus berbeda? Karena saya perhatikan tiap manager baru pasti kostumnya baru juga dan ada selentingan jaket dan celananya, why not?
Masalah kostum…saya ga bisa berkomentar,itu bisa didiskusikan dgn anggota, namun kayanya lebih baik tiap thn kita ganti,karena bagus juga untuk koleksi kostum thn demi thn.

Bisakah anda menceritakan tentang sejarah berdirinya MU…Siapa pencetus berdirinya MU?
Kalau ga salah,waktu itu disaat team Adan FC sudah benar benar krisis pemain,tanpa sengaja aku ketemu mas BUDI dirumahya Yudi saat halal bihalal…dalam obrolan sama mas Budi,muncul ide untuk membangun kembali team Bola,singkat cerita,aku dan mas Budi sepakat bahwa Mas Budi mau memanage orang Perawat dan aku siap untuk memanage pemain selain Perawat.dari obrolan itu diteruskan dgn mengadakan meeting dirumahnya Mas Budi.

Kapan team pertama kali berubah namanya dari ADAN jadi MU?
Dalam hasil rapat dirumah Budi tersebut,disetujui Bahwa team yg baru terbentuk itu di namai team Mangaf United (MU)

Kenapa dari ADAN FC berubah jadi MU?
Dari hasil rapat,semua orang setujui bahwa Adan Fc berubah menjadi M~U karena Markas team sendiri berada di Mangaf,dan United karena pemain dari team itu sendiri tdk didominasi oleh orang Perawat ataupun Petro,dan meniru team elit dari Inggris biar di singkatnya menjadi M~U.

Sejak kapan Mu berdiri?
Kalau ga salah M~U mulai berdiri sejak thn 2004 dgn mengangkat mas Budi sebagai Manager Utama dan Saya sebagai Wakil Manager.

Kenapa ada aturan kalau Manager utama dari Perawat wakilnya mesti dari Petro? dan sebaliknya?
Ya itu tadi karena ada kesepakatan dgn mas Budi bahwa mas Budi bersedia memanage Perawat dan Saya bersedia memanage pemain diluar Perawat/ Petro.

Bagaimana dengan LOGO MU, Siapa yg mendesaign LoGO MU?
Ada beberapa orang yg berperan dalam merancang Logo M~U…diantaranya mas Budi,Mas Hari,Fawaz..saya sendiri kurang tahu dalam masalah design Logo M~U,karena saya Cuma dikasih gambarnya dan terus dipasang di kostum pertama kali M~U.

Apa arti Logo Mu tersebut?
Silahkan hubungi salah satu nama yg saya sebut di atas untuk lebih jelasnya tentang arti dari Logo M~U itu.

Tentang sejarah pemain kenapa koq banyak pemain baru yg gabung ke MU?… …Siapa yg punya andil besar mendatangkan mereka…?
Sekilas tentang perekrutan pemain M~U, waktu itu sepulang dari meeting dirumah Pa Athman,saya dan Gun ketemu sama kang Wawan,dari obrolan sama kang Wawan.aku dapat no tlp kang Dalimin,setelah ketemu kang Dalimin,saat dia ikut latihan dgn M~U dia membawa Eko,Teguh dan Sage..dan dari Mas Teguh aku dapat no tlp kang Iwan kharafi…dari Iwan kharafi aku bisa membawa orang Thailand .
Kalau orang Helly..mereka datang sendiri ke M~U untuk gabung menjadi pemain M~U.

Kang agus sebagai pemain juga, bisa dijelaskan posisi kang Agus selama ini terutama dalam Champion Perkibar 2007 yang lalu?
Hahaha..Alhamdulillah saya dipercaya menjadi Pemain utama di sayap kiri Luar ( Luar Lapangan maksudnya).

Kang agus juga terlibat kepanitiaan Perkibar, Bagaimana mengaturnya berkaitan antara pemain dan panitia?
Di Perkibar saya dipercaya untuk menjadi coordinator lapangan,jadi sekali melakukan contrac pemakaian lapangan,ya sudah..ga ada kesibukan lain di kepanitiaan selain mengiformasikan ke haris lapangan bahwa besok ada pertandingan atau engga nya.pengaturan antara pemain dan panitia..sama sekali ga ada masalah,karena saya ga pernah memikirkan menjadi pemain.

Apa yang anda harapkan MU dalam tahun mendatang baik kualitas or kuantitas ?
Harapan saya,Team M~U dari awal harus menfocuskan target…apakah thn ini mentargetkan Juara lagi atau Cuma ikut berpatisipasi dalam kompetisi? Kalau targetnya menjadi juara,ya harus dijelaskan ke pemain cadangan,biar mereka mengerti bahwa target team adalah JUARA, sehingga mereka akan tahu diri dan tidak akan MUTUNG,tapi kalau thn ini team M~U tidak punya target menjadi Juara,dan hanya sekedar berpartisipasi dalam kompetisi,ya harus diumukan juga dan HARUS memberi kesempatan kepada Pemain cadangan untuk menjadi pemain utama,dan pemain utama harus sadar dan memberi kesempatan kepada pemain cadangan menjadi pemain utama.sekalian uji nyali,apakah para PEMAIN UTAMA akan MUTUNG atau engga kalau mereka nongkrong di bangku cadangan. Saya perhatikan ternyata bukan saya saja yg merasa dikecewakan dalam kompetisi kemarin,ada beberapa pemain juga yg merasa kurang puas,Cuma bedanya kalau mereka merasa tdk puas dilampiaskan dgn celotehan atau boikot ga datang,karena mereka mungkin ga bisa berbuat lebih jauh untuk pindah club karena kurang komunikasi dgn team atau ga ada relasi dgn team lain,dan ada juga orang yg karena kecewa,tapi dia sering komunikasi dgn team lain,jadi dia mudah saja ditampung di team lain.
Itu yg harus menjadi bahan diskusi dari semua anggota team,kalau ingin team ini tetap berada dalam kekompakan.

Makasih atas waktu luangnya.




Comments :

1
Anonymous said...
on 

wah ternyata ada juga kecewa dan merasa tinggalkan oleh MU yg sebelumnya orang yg paling berjasa untuk Team sehingga harus keluar dan bergabung dg team lain. Saya wajar dalam organisaasi ada yg puas

Post a Comment

Waktu dan Cuaca Kuwait

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by PERWIRA KUWAIT, Admin By Asep Pahrudin